Belajar Nihongo Sesi III

Haluu temen2…..:) di Nihongo sesi III ini aku mo sharing ke kalian tentang cara menyusun kalimat dengan menggunakan kata ikimasu –> pergi, kaerimasu –> pulang, dan kimasu–> datang.

Hal yang harus diinget adalah pola kalimatnya, yaitu seperti dibawah ini :

Subject + Wa + Tempat + E + ikimasu / kaerimasu / kimasu

Kata ”E” disini berarti ke

Sedangkan kata ”Wa” berfungsi sebagai kata bantu subject

Contoh :

1. Watashi wa Jakarta e ikimasu (Saya pergi ke Jakarta)

2. Watashi wa Bengkulu e kaerimasu (Saya pulang ke Bengkulu)

3. Watashi wa kyampashu e kimasu (Saya datang ke kampus)

4. Watashi wa Ica san no uchi e ikimasu (Saya pergi ke rumah Ica)

Bila ingin menambahkan penggunaan alat / kendaraan maka pola kalimatnya menjadi seperti dibawah ini :

Subject + Wa + Kendaraan + De + Tempat + E + ikimasu / kaerimasu / kimasu

Kata ”De” disini berarti dengan

Contoh :

1. Watashi wa takushii de Jakarta e ikimasu (Saya pergi ke jakarta dengan taxi)

2. Watashi wa otobai de Ica san no uchi e ikimasu (Saya pergi ke rumah Ica dengan sepeda motor)

Kosakata nama kendaraan:

Takushii –> taxi

Basu –> bis

Kisha –> kereta api

Hikoki –> pesawat terbang

Jidosha / kuruma –> mobil

Otobai / baiku –> sepeda motor

Itensha –> sepeda

Fune –> kapal laut

Bila ingin menambahkan bersama dengan dalam hal ini objeknya manusia maka pola kalimatnya menjadi seperti dibawah ini :

Subject + Wa + Kendaraan + De +bersama (objeck)+ To + Tempat + E + ikimasu / kaerimasu / kimasu

Contoh :

1. Watashi wa hikoki de tomodachi to Jakarta e ikimasu (Saya pergi ke jakarta bersama teman dengan pesawat terbang)

Pertanyaan umum untuk beberapa pola kalimat diatas adalah :

Anata wa Doko e ikimasu/ kaerimasu/ kimasu ka (kamu mau pergi kemana ? )

Sip…cukup sekian untuk nihongo sesi III, ketemu di nohinggo sesi2 selanjutnya…Sayonara.moga bermanfaat yah🙂

About helenaapriza

Always try to be a good Moslem Always try to be the best Always try to be my self Always try to be useful for every one Never stop to study View all posts by helenaapriza

Leave a Reply

