Kecantikan Muslimah

Cantik

  • QS At-Tiin:4 yang artinya : ‘’Sesungguhnya Kami (Allah) telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya”.

Allah tidak akan menciptakan makhluknya dalam keadaan sia-sia apalagi manusia. Manusia adalah makhluk Allah yang paling tinggi derajatnya dibandingkan makhluk ciptaan Allah yang lainnya. Semua yang ada pada diri manusia ini telah Allah ciptakan dalam sebaik-baiknya bentuk dan rupa dan yang terpenting penuh manfaat. Kita bisa liat sendirikan hasilnya, begitu indah Allah menciptakan diri kita, teman-teman kita, saudara-saudara kita. Subhanallah..

  • Hadis :
    • ”Sebaik-baiknya perhiasan dunia adalah wanita soleha…”
    • “Sebaik-baiknya perempuan adalah jika engkau memandangnya, ia menyenangkanmu, jika engkau disuruh ia menaatimu dan jika engkau bepergian, ia menjaga kehormatan dirinya dan hartamu ”.

Cantik disini ternyata tidak hanya bersifat fisik saja, jelas sudah tertulis pada hadis diatas terkhusus bagi  wanita muslim bahwa sebaik-baiknya wanita adalah wanita soleha.Wanita soleha itu seperti apa? Wanita soleha itu adalah wanita yang selalu menjaga dirinya dari perbuatan-perbuatan  maksiat, wanita yang selalu menutup auratnya. Bila dia telah bersuami, wanita soleha adalah wanita yang selalu menyenangkan bila dipandang (*tentunya tampil cantik dan bersih), selalu menggembirakan bila diajak bicara (*bukan yang selalu marah, jutek, ngambekkan gak jelas), jika disuruh suami selalu mentaati (*asal yang baik-baik sesuai dengan ajaran Islam yau) dan menjaga diri sendiri  dan harta suami bila suami sedang tidak ada disisi, dengan maksud wanita harus pandai mengelola keuangan keluarga (*jangan hanya buat shopping yang gak jelas) dan pandai menjaga diri terutama dalam bersikap dan bertingkah laku jangan sampai menimpulkan fitnah. Kecantikan hakiki adalah wanita yang soleha.

Syukuri Kesempurnaan

  • QS Ibrahim : 7 yang artinya “Dan (ingatlah juga, tatkala Tuhanmu memaklumkan; Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih ”

Untuk merasakan betapa besarnya nikmat Allah kuncinya adalah syukur teman-teman.  Gimana  caranya mensyukuri nikmat ini ?, ini caranya:

1. Menerima / mensyukuri apa-apa yang melekat pada diri kita.

Apa yang ada dan melekat didiri ini harus kita syukuri, kulit yang mulus dan putih, badan tinggi semampai, mata indah bola pingpong, hidung mancung, senyum manis (*kok yang enak2 semua yahh..gimana gak bersyukur kalo kayak gini :D). Yah kalaupun kita gak seperti ini kita juga harus bersyukur, sekalipun kita juga dalam kekurangan secara fisik tetap harus bersyukur karena ingat Allah tak akan menciptakan segala sesuatu dalam keadaan sia-sia. Kekurangan bagi kita tidak bagi Allah, siapa tahu ini merupakan wujud cinta Allah kepada kita J

2. Merawat kecantikan (*wajah, tubuh, rambut dll) dan menjaga kesehatan jasmani.

Seseorang yang dikatakan bersyukur bila dia menjaga dan merawat sebaik-baiknya apa yang telah diberikan kepadanya. Begitu juga kita bila kita ingin menjadi makhluk yang selalu bersyukur atas nikmat yang telah Allah berikan, kita harus menjaga  baik itu berupa kesehatan maupun kecantikkan. Merawat kecantikan dapat meliputi : menjaga kesehatan, perhatikan berat tubuh ideal, perhatikan kesehatan kulit : tubuh dan wajah, perhatikan bagian-bagian kecil tubuh, seperti kuku, telinga, hidung dll, perhatikan bau aroma tubuh, dan ibadah yaumiyah.

3. Menghias / memperindah kecantikan diri

Setelah dijaga dan dirawat bila rasa syukur itu sangat besar maka pastilah kita ingin mempercantiknya diri kita, tetapi ingat harus sesuai dengan batasan-batasannya.

Perhiasan Muslimah

  1. Perhiasan Kepribadian / Inner Beauty

QS Ibrahim : 24-25

“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik, seperti pohon yang baik, akarnya (keimanan/aqidah) teguh dan cabangnya (ibadahnya) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan –perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat. ”

Kebaikan adalah akhlak yang baik…(HR Muslim)

  1. Keindahan Spritual
  2. Keindahan Emosional
  3. Keindahan Intelektual
  4. Perhiasan Yang Diusahakan

QS Al-Ahzab : 33, yang artinya “dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu”

  • Perhiasan wajah

“ wewangian laki-laki adalah yang tampak jelas baunya dan tersembunyi warnanya dan wewangian perempuan adalah apa yang tampak warnanya dan tersembunyi baunya” (HR Tirmidzi)

-kisah menikahnya Abdurahman bin Auf : celak mata, hiasan wajah warna-warni (naqsy), kuning (shufraf), merah (humrah).

  • Perhiasan telapak tangan : inai, cincin, gelang
  • Perhiasan pakaian
  1. Perhiasan Pakaian

QS An-Nur : 31, yang artinya “Katakanlah kepada wanita yang beriman : hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) Nampak daripadanya (muka dan telapak tangan). Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah…”

Syarat pakaian muslimah :

  • Menutupi seluruh tubuh kecuali muka dan telapak tangan
  • Tidak ketat atau memperlihatkan bentuk tubuh
  • Tidak transparan

Perhiasan yang membahayakan àTIDAK SESUAI DENGAN SYARIAH, maksudnya:

  • Mendatangkan fitnah : wewangian yang mencolok, terbukanya aurat
  • Jalan menuju kerusakan : dari segi pakaian atau make-up
  • Riya dan sombong
  • Hilangnya kepribadian muslimah

About helenaapriza

Always try to be a good Moslem Always try to be the best Always try to be my self Always try to be useful for every one Never stop to study View all posts by helenaapriza

4 responses to “Kecantikan Muslimah

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: